BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Begitu padatnya kegiatan seseorang di
masing-masing pekerjaanya, membuatnya membutukan
kegiatan liburan seperti wisata alam maupun wisata kuliner untuk mengembalikan semangat kerjanya dan berkumpul bersama keluarga disela kesibukan sehari-hari. Kegiatan tersebut dapat di lakukan dengan
mengunjungi objek wisata ataupun tempat kuliner yang dekat dengan daerah tempat tinggal atau tempat wisata yang terletak di daerah lain.
Dengan
banyaknya objek wisata di Indonesia para wisatawan membutuhkan informasi lebih tentang
objek wisata yang akan di kunjunginya. Informasi yang di dapat sangat berguna
untuk persiapan barang bawaan dan keuangan yang nantinnya di gunakan di tempat
objek wisata yang akan di kunjungi.
Persiapan ini sangat berguna karena harus di persiapkan jauh–jauh hari
untuk menjamin liburan yang akan dilakasanakan berjalan dengan baik. Di daerah sumsel khususnyaPalembang terdapat bebrapa objek wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya wisata yang terdapat dipinggiran sungai musi, yaitu wisata BKB (Benteng Kuto Besak), yaitu wisata yang terdapat disamping jembatan yang sangat terkenal dan juga telah menjadi ICON kota palembang yaitu JEMBATAN AMPERA dan wisata Pulau Kemaro, tempat ini adalah salah satu tempat ibadah umat budha yang ada dikota Palembang.
dengan banyaknya kebutuhan masyarakat akan keinginan melepas penak dan sekaligus liburan bersama keluarga ke luar kota maupun didalam kota, dengan ini penulis memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ada dikota palembang ataupun diluar kota palembang untuk mencari atau menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi ketika akan berkunjung kepalembang, baik mau berwisata alam maupun berwisata kuliner.
Sekaligus penulis juga ingin memperkenalkan wisata-wisata alam maupun kuliner yang ada di kota palembang kepada seluruh masyarakat yang hobby travel ke daerah- daerah wisata agar kota palembang pun dapat disama ratakan dengan daerah-daerah wisata lainnya seperti jawa barat dan lainya.
Atas
dasar hal tersebut penulis membuat website tentang Wisata-wisata alam maupun kuliner yang ada dikota Palembang dengan memberikan informasi objek-objek wisata alam atau kuliner yang ada dikota palembang beserta dengan alamat dan gambaran tentang wisata alam maupun kuliner yang sedang banyak dikunjungi dikota palembang. website ini dapat diakses dengan mengugunakan piranti searching yang ada pada fitur-fitur smartphone, tablet pintar maupun komputer PC secara praktis dan mudah.
1.2
Batasan
Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi pembahasan masalah pada pembuatan website, agar tidak menyimpang dari tujuan penulisan. Dan didalam website ini akan menampilkan beberapa dari wisata alam dan wisata kuliner yang penulis ketahui yang terdapat dikota palembang. Informasi dasar daerah objek wisata dan kuliner seperti alamat dan biaya yang diperlukan pada saat berkunjung ketempat wisata. Pada website inipun penulis menggunakan software photoshop untuk mendesign interfacenya dan menggunakan software dreamweaver.
- sistem informasi ini hanya menampilkan nama tempat wisata, alamat, gambar, dan bi
1.3 Tujuan
Penulisan
pembuatan website tentang informasi wisata alam dan kuliner yang ada dikota palembang yang diimplementasikan sebagai media informasi untuk mempermudah para pelancong yang akan pergi keKota palembang dalam tujuan berwisata.sehingga ketika ingin berkunjungh ke kota palembang tidak bingung lagi dalam mencari tempat wisata yang akan dikunjungi, sehingga bisa melakukan persiapan terlebih dahulu.
1.4 Metode
Penulisan
Metode yang digunakan penulis dalam
pembuatan Penulisan Ilmiah ini adalah metode SDLC (System Development Life Cyle) yang terdiri dari beberapa tahapan
pelaksanaanya yaitu :
§ Fase
Perencanaan, yaitu merencanakan metode yang akan digunakan dalam merancang
website, menentukan data-data apa saja yang dibutuhkan, serta
mengidentifikasi masalah, peluang dan tujuan pembuatan pembuatan program.
§ Fase
Perancangan, pada fase ini dilakukan beberapa perancangan mengenai tampilan
program yang akan dibuat dengan menggunakan struktur navigasi, story board.
§ Fase
Implementasi, dalam fase implemntasi penulis akan menerapkan hasil perancangan
kedalam bahasa pemograman java dibuat
dengan menggunakan software Java Eclipse.
§ Fase
Ujicoba, pada fase ini dilakukan ujicoba pada program, dengan mengadakan survey
kepada sepuluh orang yang telah menggunakan aplikasi ini, guna mencari kekurangan
yang terdapat pada program, agar dapat dilakukan perbaikan.
Sistematika Penulisan
Tujuan sistematika penulisan ini
adalah untuk mempermudah penulisan. Untuk itu penulis memberikan penjelasan secara singkat serta
garis besar dari isi penulisan ilmiah ini. Penulisan membagi penulisan ilmiah ini
menjadi empat bab, dimana tiap bab mempunyai beberapa sub-sub yang pembagiannya
dapat penulis uraikan dalam sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
Dalam
bab ini penulis menguraikan dan menjelaskan latar belakang masalah yang
dihadapi pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan
sistematika penuisan yang digunakan untuk menyelaesaikan permasalahan yang ada.
BAB
II LANDASAN TEORI
Dalam
bab ini penulis akan menguraikan hal-hal yang
berisikan teori–teori yang digunakan
untuk merancang aplikasi antara
lain pembahasan sekilas tentang objek wisata di Tasikmalaya, keunggulan dan
kekurangan Android, struktur navigasi, story board, bahasa pemrograman yang digunakan, media pendukungnya yaitu Eclipse sebagai program editornya, serta
teori lain yang menunjang permasalahan yaitu XML dan HTML.
BAB
III PEMBAHASAN
Dalam bab ini penulis akan menguraikan tentang
tahapan perancangan berupa struktur navigasi, story
board, pembuatan aplikasi sampai dengan tahap pengujian aplikasi, spesifikasi hardware dan software
serta pembuatan kuesioner.
BAB
IV PENUTUP
Dalam bab ini berisikan kesimpulan hasil dari pembahasan
bab-bab sebelumnya dan
disertai dengan saran untuk pengembangan selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar