Kamis, 27 Maret 2014

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Begitu padatnya kegiatan seseorang di masing-masing pekerjaanya, membuatnya  membutukan kegiatan liburan seperti wisata alam maupun wisata kuliner untuk mengembalikan semangat kerjanya dan berkumpul bersama keluarga disela kesibukan sehari-hari.  Kegiatan tersebut dapat di lakukan dengan mengunjungi objek wisata ataupun tempat kuliner yang dekat dengan daerah tempat  tinggal atau  tempat wisata yang terletak di daerah lain.

Dengan banyaknya objek wisata di Indonesia para wisatawan membutuhkan informasi lebih tentang objek wisata yang akan di kunjunginya. Informasi yang di dapat sangat berguna untuk persiapan barang bawaan dan keuangan yang nantinnya di gunakan di tempat objek wisata yang akan di kunjungi.  Persiapan ini sangat berguna karena harus di persiapkan jauh–jauh hari untuk menjamin liburan yang akan dilakasanakan berjalan dengan baik. Di daerah sumsel khususnyaPalembang terdapat bebrapa objek wisata yang bisa dikunjungi.  Salah satunya wisata yang terdapat dipinggiran sungai musi, yaitu  wisata BKB (Benteng Kuto Besak), yaitu wisata yang terdapat disamping jembatan yang sangat terkenal dan juga telah menjadi ICON kota palembang yaitu JEMBATAN AMPERA dan wisata Pulau Kemaro, tempat ini adalah salah satu tempat ibadah umat budha yang ada dikota Palembang.

dengan banyaknya kebutuhan masyarakat akan keinginan melepas penak dan sekaligus liburan bersama keluarga ke luar kota maupun didalam kota, dengan ini penulis memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ada dikota palembang ataupun diluar kota palembang untuk mencari atau menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi ketika akan berkunjung kepalembang, baik mau berwisata alam maupun berwisata kuliner.

Sekaligus penulis juga ingin memperkenalkan wisata-wisata alam maupun kuliner yang ada di kota palembang kepada seluruh masyarakat yang hobby travel ke daerah- daerah wisata agar kota palembang pun dapat disama ratakan dengan daerah-daerah wisata lainnya seperti jawa barat dan lainya.

Atas dasar hal tersebut penulis membuat website tentang Wisata-wisata alam maupun kuliner yang ada dikota Palembang  dengan memberikan informasi objek-objek wisata alam atau kuliner yang ada dikota palembang beserta dengan alamat dan gambaran tentang wisata alam maupun kuliner yang sedang banyak dikunjungi dikota palembang. website ini dapat diakses dengan mengugunakan piranti searching yang ada pada fitur-fitur smartphone, tablet pintar maupun komputer PC secara praktis dan mudah. 

1.2              Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi pembahasan masalah pada pembuatan website, agar tidak menyimpang dari tujuan penulisan. Dan didalam website ini akan menampilkan beberapa dari wisata alam dan wisata kuliner yang penulis ketahui yang terdapat dikota palembang. Informasi dasar daerah objek wisata dan kuliner seperti alamat dan biaya yang diperlukan pada saat berkunjung ketempat wisata. Pada website inipun penulis menggunakan software photoshop untuk mendesign interfacenya dan menggunakan software dreamweaver.

  • sistem informasi ini hanya menampilkan nama tempat wisata, alamat, gambar, dan bi

1.3              Tujuan Penulisan
 pembuatan website tentang informasi wisata alam dan kuliner yang ada dikota palembang yang diimplementasikan sebagai media informasi untuk mempermudah para pelancong yang akan pergi keKota palembang dalam tujuan berwisata.sehingga ketika ingin berkunjungh ke kota palembang tidak bingung lagi dalam mencari tempat wisata yang akan dikunjungi, sehingga bisa melakukan persiapan terlebih dahulu.

1.4            Metode Penulisan
            Metode yang digunakan penulis dalam pembuatan Penulisan Ilmiah ini adalah metode SDLC (System Development Life Cyle) yang terdiri dari beberapa tahapan pelaksanaanya yaitu :
§  Fase Perencanaan, yaitu merencanakan metode yang akan digunakan dalam merancang website, menentukan data-data apa saja yang dibutuhkan, serta mengidentifikasi masalah, peluang dan tujuan pembuatan pembuatan program.

§  Fase Perancangan, pada fase ini dilakukan beberapa perancangan mengenai tampilan program yang akan dibuat dengan menggunakan struktur navigasi, story board.

§  Fase Implementasi, dalam fase implemntasi penulis akan menerapkan hasil perancangan kedalam bahasa pemograman java dibuat dengan menggunakan software Java Eclipse.

§  Fase Ujicoba, pada fase ini dilakukan ujicoba pada program, dengan mengadakan survey kepada sepuluh orang yang telah menggunakan aplikasi ini, guna mencari kekurangan yang terdapat pada program, agar dapat dilakukan perbaikan.
Sistematika  Penulisan
            Tujuan sistematika penulisan ini adalah untuk mempermudah penulisan. Untuk itu penulis  memberikan penjelasan secara singkat serta garis besar dari isi penulisan ilmiah  ini. Penulisan membagi penulisan ilmiah ini menjadi empat bab, dimana tiap bab mempunyai beberapa sub-sub yang pembagiannya dapat penulis uraikan dalam sistematika penulisan sebagai berikut :
             BAB I             PENDAHULUAN
    Dalam bab ini penulis menguraikan dan menjelaskan latar belakang masalah yang dihadapi pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penuisan yang digunakan untuk menyelaesaikan permasalahan yang ada.

            BAB II            LANDASAN TEORI
     Dalam bab ini penulis akan menguraikan hal-hal yang  berisikan teori–teori yang digunakan  untuk merancang  aplikasi antara lain pembahasan sekilas tentang objek wisata di Tasikmalaya, keunggulan dan kekurangan Android,  struktur navigasi, story board, bahasa pemrograman yang digunakan, media pendukungnya yaitu  Eclipse sebagai program editornya, serta teori lain yang menunjang permasalahan yaitu XML dan HTML.


    

             BAB III          PEMBAHASAN
Dalam bab ini penulis akan menguraikan tentang tahapan perancangan berupa struktur navigasi, story board, pembuatan aplikasi sampai dengan tahap pengujian aplikasi, spesifikasi hardware dan software serta pembuatan kuesioner.


             BAB IV          PENUTUP

Dalam bab ini berisikan kesimpulan hasil  dari  pembahasan bab-bab  sebelumnya   dan   disertai  dengan  saran untuk pengembangan selanjutnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar